Benua hitam Afrika sebagaimana belahan bumi lainnya memang memiliki keindahannya masing-masing. Jika anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi Afrika khususnya Nigeria, maka pastikan untuk mengunjungi obyek wisata batu Zuma. Apakah nama tersebut mengingatkan anda akan sesuatu? Iya, jika anda pernah memainkan game komputer dengan bola berwarna-warni yang ditelan batu, maka memang benar. Sekiranya permainan komputer dan PC tersebut memang berasal dari nama batu raksasa yang ada di negara Nigeria tersebut.
Namun ternyata ada yang unik dengan batu yang nampak bagaikan gunung kecil tersebut. Batu raksasa yang juga dicetak dalam pecahan mata uang Nigeria, 100 Naira ini ternyata merupakan simbol dari kota Abuja. Abuja sendiri adalah ibukota dari negara Nigeria. Batu yang nampak kokoh tersebut banyak dikunjungi oleh para turis yang kebetulan berkunjung atau melewati Nigeria. Hal ini dikarenakan batu besar tersebut sangat mudah dijangkau karena letaknya di sepanjang jalanan Abuja menuju ke Kaduna.
Apa yang menarik mengenai batu tersebut? Batu yang memiliki tinggi 725 meter dan keliling 3,1 km ini nampak angkuh menatap para pengguna jalan raya Abuja. Yang nampak sangat misterius pada batu tersebut adalah jika diamati dengan seksama nampak adanya bagian seperti mata yang seolah-olah memandang orang-orang yang berada di sekitar jalan Abuja ke Kaduna. Tentunya tampak begitu misterius dan mengerikan membayangkan batu yang bagaikan raksasa tersebut menatap dengan sorot tajam ke manusia yang ada di bawahnya.
 
Penduduk Nigeria sendiri beranggapan bahwa batu Zuma memang memiliki kekuatan magis. Entah sehubungan dengan rumor tersebut atau tidak namun faktanya pembangunan hotel dan resor wisata yang sudah ditandatangani pada tahun 2008 oleh gubernur Abuja seolah-olah menguap begitu saja. Para investor asing yang tertarik untuk mengembangkan daerah tersebut menjadi obyek wisata juga tidak mendapat sambutan hangat. Sampai sekarang hotel yang direncanakan akan dibangun di dekat batu tersebut tidak pernah terealisasi dengan jelas dan pembangunannya terhenti. Hal ini dikarenakan adanya rumor pembunuhan yang terjadi di hotel yang dibangun di sekitar batu tersebut. Padahal lingkungan di sekitar batu tersebut sangat menenangkan dan tepat untuk dijadikan lokasi wisata.
Sampai sekarang mengapa batu Zuma bisa memiliki wajah manusia dan kekuatan magis apa yang dimiliki batu tersebut masih merupakan misteri besar yang harus dipecahkan. Jika anda merasa kurang terpuaskan hanya dengan mengunjungi batu raksasa tersebut, maka anda bisa melanjutkan wisata anda ke air terjun Gurara yang bisa ditempuh sekitar satu jam dari Abuja. Di tempat tersebut anda akan bisa melihat atau mungkin menikmati dinginnya air terjun mungil yang ada di Nigeria. Namun untuk mampu kesana memang dibutuhkan usaha yang tidak ringan. Namun hal ini akan menjadi berharga ketika Anda bisa menikmati dinginnya air di tengah benua Afrika yang panas menyengat.
2. Batu Zuma, Batu Berwajah Manusia Simbol Abuja yang Penuh Misteri3
Sumber:yukpegi.com